lebaran > mana yg lebih qt persiapkan?

pagi ini sepulang dari itikaf saya lewat bara..
padat, rame, riuh, riweuh, macet..
entah berapa lama waktu yang dibutuhkan motor yang kunaiki untuk melewati jalan itu.. lamaaa banget rasanya..
mirip pasar, riuh orang berlalu lalang, berbelanja, tawar menawar.. dari mulai baju muslim, mukena, sarung, baju koko, dsb..
kalo boleh kutebak, mereka belanja dalam rangka persiapan lebaran..

hmm,gak tau kenapa sejak dulu saya gak pernah suka yang namanya pergi ke pasar dgn suasananya.. rasanya langsung pusing..hehe,
kalo kebanyakan kaum hawa suka shopping, gak tau kenapa saya gak suka.. apalagi kalo harus berlama2.. biasanya sy beli sesuatu kalo butuh aja..udah selesai, pulang dehh.. beneran gak betah lama2 deh..πŸ˜€

tiba2 aku pun berpikir,,
orang indonesia itu suka belanja ya ternyata.. minimal dalam ritual setaun sekali menjelang lebaran kayak gini..
entah sejak kapan yang namanya lebaran itu identik dengan baju baru, mukena baru, sarung baru, dsb yg serba baru,,semua seakan wajib..
entah culture darimana dan sejak kapan.. dari mulai orang yg berada, sampe dengan yang ‘diada-adain’.. semua rata2 begitu..

jadi bersyukur krn sy, sejak kecil gak dibiasakan dgn culture begitu oleh keluarga,,πŸ™‚
beli sesuatu itu karena butuh, bukan karena moment,, bukan karena ingin.. apalagi kalo sebenernya belum butuh.. *begitu yang diajarkan ayah..

lebaran,, atau idul fitri..
ah, bukankah ia terlalu mulia untuk hanya sekedar dijadikan rutinan tahunan untuk mudik, untuk pake barang2 baru,, apalagi untuk pamer.. *naudzubillah..
jadi inget iklan si blak-blakan joni.. ada satu bagian yang aku suka..waktu joni ngingetin orang2 kampungnya pas mereka satu per satu pamer barang2 barunya pada saat lebaran,, andai semua orang Indonesia seperti joni.. jujur.. tapi bener..

kembali ke kita,, bagaimana kita mempersiapkan lebaran?
apakah dengan mempersiapkan baju baru, tiket mudik, atau jiwa yang baru?
semoga yang terakhir lebih kita persiapkan..πŸ™‚
karena ia terlalu mulia.. sayaangg sekali rasanya jika kita lewatkan..
ampunan dan rahmatNya yang dijanjikan pd masa ini..
……………………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s