anyone can cook -ratatouille-

Saya suka film ini -ratatouille- ,, sebagaimana saya sepakat 100% dengan jargonnya; ‘setiap orang bisa masak’🙂

Saya yakin seyakin2nya,, karena, saya buktinya.. hehe,, Entah darimana saya bisa masak,, secara ibu sy jarang masak.. seinget saya, jarang juga sy ngebantuin orang masak waktu kecilnya.. saya juga gak tau sejak kapan saya bisa masak..hehe, Yang saya inget, tau2 saya masak aja, dan setiap saya masak saya suka makannya dan yang lain juga alhamdulillah suka2 aja tuh sm masakannya (setidaknya sampe saat ini begitu).. Meskipun agak aneh, tapi ya begitulah kenyataannya sodara-sodarah..😀

Karena itulah kawan, menurutku.. masak itu hanya tentang mau dan feeling.. gak perlu keahlian khusus menurutku.. selanjutnya, tinggal pembiasaan yang membuatnya jadi ‘ahli’.. Ya kawan, kita hanya tinggal mau untuk masak.. trus feeling akan bermain pada saat masak.. *eh, ini versi saya loh ya.. yang lain bisa jadi beda.. Nah, untuk urusan rasa, itu tergantung ‘tangan’.. bisa dibuktiin deh, resep yang sama, dimasak oleh orang yang berbeda.. rasanya pasti beda.. percaya?🙂

Buat saya, masak itu udah sampe pada tahapan ‘suka’.. belom bisa dibilang hobi sih, juga belom sampe tahap ahli.. tapi setidaknya suka itu diatas mau dan mungkin ada lagi tingkatan diatasnya.. Tapi beneran saya suka masak.. suka,, Sebagaimana saya suka berkreasi dan bereksperimen terhadap sesuatu,, masak pun sarana berkreasi buat saya.. Berkreasi dengan bahan2 (kombinasi antar bahan2),, berkreasi dengan cara (mau diapain itu bahan), serta berkreasi dengan bumbu (mau dijadiin rasa apa tuh makanan).. Pokonya, berkreasi aja.. sampe jadi makanan yang bisa dimakan..🙂

Sebenernya simpel, sebabnya, hanya karena saya suka makan makanan enak dan sehat.. Dan karena itu pula, karena saya gak selamanya suka jajan d luar, gak semua makanan diluar itu sehat, dan gak semua makanan bisa cocok di lidah saya,, maka masak jadi solusi terbaik buat saya.. Ada satu kenikmatan, ketika di awal kita tau kita ingin makan makanan apa, lalu kemudian kita memasaknya, dan terakhir kita memakan makanan yang kita mau dan kita masak sendiri tersebut..hemm,,syukur tak terhingga rasanya..😉

Tapi taukah kawan? Ada satu kenikmatan lagi yang jauh lebih nikmat rasanya dari kenikmatan yang saya bilang sebelumnya,, apa hayoo?? Yaitu ketika orang lain memakan masakan kita dan mereka suka serta menikmatinya.. Waktu saya dikosan, kalo ada waktu aga senggang biasanya saya masak, trus hasilnya dijadiin ghonimah (alias dimakan bareng2),, Suka denger seru2 n hebohnya mereka,, apalagi pas liat mereka suka makannya, n lahap.. trus makanannya abis gak bersisa.. rasanya saya langsung kenyang dengan ngeliat mereka begitu.. meskipun saya sbenernya baru nyicip dikit..hehe, Itulah nikmat syukur, kebersamaan, dan kebermanfaatan.. Gak bermaksud lebai.. tapi begitulah kawan,, kalo gak percaya silahkan tanya para ibu yang sering masakin buat anak2nya..😉

So, untuk kamu yang ngerasa gak bisa masak.. percaya deh apa kataku.. kamu hanya tinggal masak.. just cook.. dan kamu akan bisa masak.. (urusan rasa belakangan lah..haha,).. Jangan pernah membatasi diri atas sesuatu yang kamu sebenernya bisa lakukan, hanya dengan alasan kompetensi.. Kemampuan memasak memang jadi kompetensi pada akhirnya, tapi itu hanya tinggal dimulai dari kemauan memulai.. Lets try.. Bukankah kamu mau merasakan kenikmatan2 yg sudah aku deskripsikan sebelumnya?😉 *eh, ini bukan cuma untuk kaum hawa lho.. pernahkah terpikir di otak kita kenapa para koki profesional lebih banyak justru kaum adam?🙂

*bintaro, 04092011.. tiba2 aja pengen berbagi semangat tentang ini..

4 thoughts on “anyone can cook -ratatouille-

Leave a Reply

