Zakat Comdev BAZNAS, menuju zakat produktif

*Press Release

Membangun Masyarakat Mandiri di Desa Tangkil
Oleh : Tika Novalian

Kabupaten Bogor, 29 Desember 2011 – Zakat memiliki peran strategis dalam mengentaskan kemiskinan. Selain dana zakat yang disalurkan secara karitas (diberikan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif), BAZNAS juga mengembangkan zakat produktif melalui program Zakat Community Development. Salah satu program Zakat Community Development ini yaitu Renovasi Pembangunan Madrasah Ibtida’iyah Al-Fath dan Pemberdayan Ekonomi di Desa Tangkil.

Desa Tangkil merupakan desa di kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Kabupaten Bogor sendiri merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk miskin paling banyak se- Jawa Barat. Di desa Tangkil ini, kemiskinan disebabkan oleh terbatasnya akses informasi dan fasilitas umum yang sangat minim. Oleh karena itu BAZNAS dengan PT Armindo memilih Desa Tangkil sebagai sasaran program Zakat Community Development ini.

Beberapa permasalahan yang menyebabkan kemiskinan di Desa Tangkil yaitu karena rendahnya tingkat pendidikan. Hal ini ditandai oleh terbatasnya fasilitas pendidikan di desa ini. Rendahnya tingkat pendidikan ini berdampak pada rendahnya kualitas SDM dan skill masyarakat Desa Tangkil. Oleh karena itu, salah satu program Community Development BAZNAS yang akan dilakukan yaitu renovasi pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Al-Fath yang merupakan salah satu sekolah yang ada di Desa Tangkil.

Selain di bidang pendidikan, program Community Development BAZNAS yang akan dilaksanakan di Desa Tangkil ini yaitu pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi berupa budidaya burung puyuh serta pembuatan sarung tangan dan masker. Target penerima manfaat pada program ini yaitu sebanyak 126 jiwa.

Acara Peletakan Batu Pertama Renovasi Pembangunan MI Al-Fath dan Peresmian Pemberdayaan Ekonomi Desa Tangkil ini akan dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fath, Desa Tangkil Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor pada 30 Desember 2011. Acara ini akan dihadiri oleh Ketua Umum BAZNAS (Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS) serta perwakilan dari PT Armindo. Selain itu, pada acara ini diselenggarakan pula pembagian paket gizi untuk 200 orang anggota masyarakat di sekitar Desa Tangkil. Dengan adanya program ini diharapkan zakat dapat terasa efeknya bagi masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan.

2 thoughts on “Zakat Comdev BAZNAS, menuju zakat produktif

  1. iya ceritanya sih press release ky,, tp bikinnya kilat jadi begini deh,,😀
    versi yg udh aga rapihnya ada di harian republika 2 januari..
    wah,,seru tuh ky belajar eksyar.. sy aja baru belajarny skrg.. *telat he,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s