sekedar obrolan orang awam ttg bbm

A:

17:12 pemerintah itu jaga opini publik untuk orang2 yang melankolis..tp utk politisi dan akademisi terkesan plin plan dan ga tegas ya.. jero wacik dari menbudpar jadi energi…kebayang ya…

B:

iya,, rasanya geregetan jadinya,,
kalo memang harus dinaikkan, ya dinaikkan saja,,gak perlu plin plan,, *tapi dengan beberapa catatan😀

pertama, harus ada sosialisasi dn pencerdasan yg intens ke masyarakat, terkait kondisinya, kenapa harus naik, dn kalo selama ini apbn qt gak imbang krn subsidi bbm terlalu tinggi (apalagi subsidi itu sering gak tepat sasaran krn yg menikmati justru lbh banyak pengguna kendaraan pribadi, bkn masyarakat miskin), dst.. biar masyarakat gak terlalu reaktif nantinya, dn paham kalo harga memang harus dinaikkan..

kedua, pemerintah harus menghitung bener2, berapa kenaikan harganya, berapa pengiritan apbn yg akan didapet, dn berapa inflasi yg akan terjadi sbg efek kenaikan harga.. *gak kebayang inflasi yg terjadi kalo sampe 1500 naiknya..

ketiga, pemerintah harus menjamin penggunaan apbn (hasil dari pengiritan td) masuk ke pos2 yang memang untuk kepentingan rakyat,,, (bukan untuk kenaikan gaji pns dn sejenisnya *untung sy bukan pns :D)

keempat, pemerintah jg harus menjamin distribusi bbm nanti tepat sasaran, dn gak ada lagi oknum2 yg menyalahgunakan, menimbun bbm, dsb..

terakhir, kebijakan ini kan politis banget ya,, maksudku, ini kebijakan yg gak populer di masyarakat, yg berkaitan bgt dgn citra (terutama pak beye), makanya pemerintah terkesan plin plan dlm mengambil kebijakan..

huuaahh.. *eh, ini kok jadi panjang begini yaa..
hanya curahan keresahan sih,,
saya yang gak ngerti apa2 aja bisa resah ya,, ‘negarawan’ yang diatas sana harusnya lebih resah lagi dong.. dan semoga jadi keresahan yang menggerakkan..

ya,, intinya qt doakan saja semoga nanti ada solusi terbaik.. juga kita doakan pak beye semoga selalu sehat dn semoga lebih giat..😀

*anyway, kadang ngeliat pak beye saya kaya lagi ngeliat seorang Bapak yang mungkin cukup letih dan bosan dengan rutinitas dan segala komentar yang ia terima ya,, yang pasti dalam hatinya ada kebaikan walaupun cuma sebesar biji zarah,, yang adalah manusia biasa yang jg bisa salah,,

jadi,, mohon maaf ya pak beye..
kita jadi anggota masyarakat yang baik aja yuk,,
biar kita pantas punya pemimpin yang baik kelak..😀

A:

bagus analisisnya.. dan menurut sy..menaikan harga BBM itu keputusan yang populis cuma berpotensi besar untuk demarketisasi….sekarang yang dipikirin SBY bukan cuma rakyat..tapi juga untuk menghidupi partai..nah ini yang jadi bikin plin-plan juga…posisi 2014..
masyarakat memang jadi faktor besar memajukan bangsa ini ya..

*sekedar obrolan via gmail.. semoga keresahan yang menggerakkan..

-end- (silakan diambil kesimpulannya sendiri ya..)

2 thoughts on “sekedar obrolan orang awam ttg bbm

  1. quote dari kakak kelas di IE
    “Itulah kehebatan pemerintah dan thinktank politiknya, pertama, melemparkan isu pembatasan BBM dan konversi bbm ke gas. Setiap orang pasti berpikir tidak mungkin kebijakan tersebut dilaksanakan, ya memang bukan itu tujuan akhirnya, tujuan akhirnya adalah menaikkan bbm dengan menurunkan tensi politik seolah masyarakat sepakat dengan pilihan menaikkan bbm daripada mereka harus memilih mengkonversi ke gas. Ibarat mau ke kampus ipb darmaga, daripada lewat jalan darmaga yang macet, lebih baik lewat cifor. tapi tujuannya sama. Jangan lupa, kalo harga minyak internasional naik, kita juga dapat untung karena kita juga export minyak lho, walaupun jumlahnya lebih kecil dari import kita.”
    —Fakhrul Aufa

  2. sy pernah sekelas dn sekelompok dgn fakhrul wktu ambil SC kebijakan ekonomi internasional, dn mata kuliah IE itu ternyata enak banget, dinamis, seru,,😀
    anwy, sy juga pernah baca kalo qt akan dapet penghasilan dr migas kalo qt naikin harga bbm,, cuma pemerintah belum jujur untuk hal ini.. terkait konversi ke gas kalo gak sala emang pernah dilontarkan pemerintah sbg slh satu alternatif ya, tp pemerintah emang blm sanggup kayakny.. mkny kebijakan menaikan harga yg dipilih, krn lebih ‘gampang’🙂
    Haturnuhun sharenya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s