anyonecancook #1

fyi, seri #anyonecancook ini terinspirasi dari postingannya mba dude-ku nan keren :p yang suka nge-post kreasi masakannya. so, meski saya gak begitu sering masak, tapi saya suka masak ko.. sungguh.. dan suka itu bukan berarti jago masak juga sih. saya cuma suka aja.😀

silakan baca juga postingan saya sebelumnya tentang hal ini. >> anyone can cook🙂

hari ini, saya lagi pengen masak aja, karena semalem rasanya kelamaan istirahat akibat demam, jadinya ketika ngerasa sehat di pagi hari langsung pengen banyak bergerak.. sekalian juga siang ini sang kaka n kaka ipar mau ke rumah.. so, markitsaaakk.. ^^ menunya? tumis cumi n capcai ceria.. (menu sederhana n simpel sih sebenernya :p). check this out..

>> Capcay Ceria

Bahan:
– 2 buah wortel, dipotong serong tipis
– 6 jagung kecil muda, dipotong tipis
– 1 sachet kecil makaroni
– 5 buah bakso sapi, masing-masing dibelah empat
– 1 batang daun bawang, dipotong-potong
– 1 buah telur
– 1/2 siung bawang bombay, diiris-iris tipis
– 1/2 sdm maizena, diencerkan dengan air
– 2 sdm minyak goreng
– bumbu: bawang putih, garam, lada (diulek atau diblender)
– gula secukupnya (sebagai ganti penyedap rasa)

Cara membuatnya:
1. panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay hingga harum
2. masukkan bumbu, lalu tumis
3. ceplok telur, aduk rata bersama bawang dan bumbu
4. masukkan wortel, tambahkan air dan aduk, lalu biarkan hingga wortel agak matang
6. masukkan jagung muda, bakso, kemudian makaroni, aduk-aduk hingga matang merata
7. masukkan daun bawang, tambahkan gula secukupnya lalu aduk
8. terakhir, masukkan maizena dan aduk sebentar.
9. angkat dan sajikan

Berikut penampakannya:

warna-warni itu ceria🙂

>> Tumis Cumi

Bahan :
– 1/2 kg cumi yang sudah dicuci bersih
– 1/2 bagian tempe, dipotong kotak kecil, goreng terlebih dulu
– 1 siung bawang bombay, iris tipis
– 1 siung bawang putih, iris tipis
– 3 buah cabai besar merah, iris miring
– 1 batang daun bawang, potong-potong
– margarine secukupnya
– gula secukupnya
– sedikit garam (kalau perlu, fyi cumi dan margarine udah asin)

Cara membuatnya:
1. panaskan margarine, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis sampai harum
2. masukkan cabai merah, tumis
3. masukkan cumi, tambahkan gula dan air. tumis hingga setengah masak
4. masukkan tempe yang sudah digoreng, aduk rata
5. tambahkan daun bawang, aduk hingga semua matang
6. angkat dan siap disajikan

Berikut penampakannya:

agak gelap ya? etapi enak ko :p

2 thoughts on “anyonecancook #1

  1. suka itu bukan berarti jago, ahahaha. bener banget. aku suka tapi gak jago, apalagi kalo uji coba. masakan uji coba itu dari mulai kematengan, belum mateng, keasinan, hambar, kepedesan, dan rasa yang aneh itu pernah, hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s