lagu sepanjang masa

“entah kenapa ya, lagu zaman dulu itu liriknya bagus-bagus, jauh lebih nyajak dari lagu zaman sekarang yang seringkali gak meaning liriknya.. terakhir band yang liriknya nyajak itu ya lettio.. bahkan melly goeslaw atau ahmad dhani yang punya banyak masterpiece lagu di zaman dulunya aja sekarang terkesan asal bikin lagu ya. coba bandingin lagu melly zaman dulu sama lagu ‘i just wanna say i love you’,
atau lagu-lagu dewa 19 sama lagu ‘neng neng nong neng’.. ya gak? -___-“
Β (hasil percakapan random kami)

ngobrol-ngobrol tentang lirik lagu, akhir-akhir ini saya lagi suka ngedengerin lagu-lagu religi zaman dulu, khususnya lagu-lagu bimbo..sama lagu ‘lailatul qadar’ yang di-repackage sama gigi. saya suka sama lirik-liriknya, menyentuh, dalem, mantap lah ya pokoknya.. dan ternyata, kebanyakan dari lagu-lagu religi zaman dulu ini, berasal dari sajaknya taufik ismail.. saya memang suka puisi meski belum bisa buat. beberapa puisi bagus yang pernah saya baca itu karyanya taufik ismail, soe hok gie, buya hamka, natsir, sapardi, chairil anwar, atau helvy tiana rosa di masa kini.. seperti yang pernah kusampaikan ke bunda helvy, puisi yang menyentuh ketika dibaca itu pasti dibuat dengan hati.. ya, sesuatu yang datang dari hati pasti akan sampai pula ke hati kan?πŸ™‚

semua memang lebih berarti bila dihayati.. berikut saya share lirik-lirik favorit..

aku jauh, Engkau jauh
aku dekat, Engkau dekat
hati adalah cermin
tempat pahala dan dosa bertarung
(Tuhan, Sam Bimbo)

rindu kami padamu yaa Rasul, rindu tiada terperi..
berabad jarak darimu yaa Rasul, seakan dikau di sini..
cinta ikhlasmu pada manusia, bagai cahaya suarga..
dapatkah kami membalas cintamu, secara bersahaja..
(Rindu Rasul – Taufik Ismail, Sam Bimbo)

ketika cahaya sorga menyinari bumi
inilah malam seribu bulan
ketika Tuhan menyeka airmata kita
ketika Tuhan menyeka dosa-dosa kita
(Lailatul Qadar – Taufik Ismail)

ada sajadah panjang terbentang
hamba tunduk dan sujud
diatas sajadah yang panjang ini
diselingi sekedar interupsi
mencari rezeki mencari ilmu
mengukur jalanan seharian
begitu terdengar suara adzan
kembali tersungkur hamba
(Sajadah Panjang – Sam Bimbo, Taufik Ismail)

dan menurutku, lagu-lagu ini akan jadi lagu sepanjang masa.. kita lihat pada anak / cucu kita nanti deh yaa..πŸ™‚

2 thoughts on “lagu sepanjang masa

  1. Bapak saya masih punya CD penuh dengan lagu-lagu di atas…
    Ya namanya memang perkembangan zaman, perubahan kualitas lirik-lirik lagu juga terjadi karena tuntutan budaya pop. Yang sebenarnya, merupakan kesalahan kita juga sih… Lagu-lagunya jelas-jelas kurang berkualitas, kok masih sering didenger. Ya berarti demand-nya tinggi khanπŸ˜›

    Dan.. sekarang saya jadi rindu dengan bapak. *curcol*πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s