saya itmi’nan; sekedar opini

diuji, lagi dan lagi.. bukan hanya partai ini, tapi jelas ujian terbesar ada pada kadernya. ujian keyakinan, ujian ketaatan, ujian keikhlasan.

ah, betul sekali pak cah.. selalu ada ruang untuk dipuji maupun dicela pada setiap keputusan politik. semoga dicela ataupun dipuji tidak mempengaruhi semangat kita, tak mempengaruhi keyakinan kita.. karena disitulah letak ujian keikhlasannya bukan?

saya hanya ingin mencoba beropini. di satu sisi, saya seringkali tidak mengerti bahasa politik di sana. mungkin saya belum cukup pintar untuk mengerti. hingga saya seringkali merasa menjadi oposisi lebih baik daripada koalisi; cukuplah kita menjadi oposan kemunkaran dan korupsi, tak perlu jadi koalisi substitusi. saya juga tidak suka jika partai ini harus berkoalisi dengan calon yang akhlaknya kurang baik, apalagi yang sudah terlibat korupsi. ah, berat sekali untuk menerimanya.

tapi saya juga tahu, ada syuro dibalik setiap kebijakan politik partai ini. ada orang-orang pilihan nan sholeh /ah dibalik syuro itu; yang kompeten dan ahli pada bidangnya, yang setia pada qur’an dan sunnah, yang senantiasa menjaga kesucian dirinya, selalu menjaga wudhunya, selalu memperdengarkan ayat-ayat Allah dalam setiap rapatnya, dan selalu mengawali dengan basmalah saat menetapkan keputusannya. dan juga saya yakin selalu ada tangan Allah pada syuro-syuro itu.

kita bertanya-tanya, hanya karena kita tidak tahu. hanya karena kita bukan bagian dari tim syuro itu. sedangkan tak semua hasil – pertimbangan – alasan dibalik kebijakan itu dapat diuraikan di ruang publik. jelas tidak! setiap organisasi pasti punya rahasia, begitupun dengan partai ini. kita yang bukan bagian dari tim syuro harus belajar ridho menerima hal ini.

sebaik-baik musyawarah pasti ada ruang kesalahan di sana, pasti ada ruang ketidakoptimalan di sana. bahwa musyawarah hanya berupaya memilih yang terbaik dari sekian pilihan, meskipun bisa jadi kedua pilihan itu sama-sama buruk. bahkan memilih untuk tidak memilih pun pasti ada resikonya. tak ada keputusan yang sempurna, semua pasti memiliki resiko. semoga kita ingat dengan ketidaksempurnaan pada perang Uhud, sedang itu dipimpin langsung oleh Rasulullah. lalu apa alasan kita menuntut kesempurnaan?

dalam sebuah diskusi ringan tentang “lebih baik mana, berkoalisi dengan foke-nara atau jokowi-ahok”, seseorang pernah mengajarkan saya untuk belajar melihat segala sesuatunya dengan kacamata yang lebih luas, dengan sudut pandang yang lebih beragam, dengan aspek pertimbangan yang lebih kaya. dan hasil tebak-tebakan itu berujung pada foke-nara (entah kenapa, nampak oportunis sekali -__- dan memang betul ternyata ini pilihannya). bahkan golput meski nampak indah dan heroik tetap memiliki resikonya sendiri, hingga pilihan ini pun memang tidak dipilih.

ah, sudahlah.. tak perlu lah banyak ‘berteriak’.. tanyakan kepada yang berwenang jika memang bingung knapa begini-kenapa begitunya.. dan meski kecewa itu tanda cinta, saya telah memilih untuk tidak kecewa. saya sadar bahwa saya memilih jalan ini bukan karena berharap mereka tidak pernah salah, tetapi karena saya yakin mereka selalu berusaha untuk benar. dan meski saya semakin tidak suka dengan politik, saya sepakat bahwa senayan memang harus di’cuci’ perlahan. bahwa setiap perjuangan tidak bisa instan.. bahwa kita harus hadapi semua ini bersama.. bahwa kita harus perbaiki perlahan semua yang salah.. dan cukup buktikan dengan kontribusi serta kerja..

semoga Kau maafkan kami atas kelalaian dan kebodohan kami.. sampai perut-perut lapar negeri ini menjadi penuh karena kebaikan dakwah..

sam’an wa tho’atan.. saya ithmi’nan..🙂

4 thoughts on “saya itmi’nan; sekedar opini

  1. keputusan yg mengecewakan memang, namun gk mengagetkan,
    gk punya hak pilih di Jakarta, jadi hanya bisa mendoakan dan menjadi penonton,
    semoga keputusan yg baik kan menghasilkan kebaikan pula, aamiin

    • aamiin.. yap, doa kuat-kuat untuk jakarta yg lebih baik..:)
      jwbn dr twiter : but the problem is, yang mau kontrak politik si foke ya bkn jokowi..😀
      ah, sudahlah.. banyak hal yg qt gak tau, siapatau pertimbangan qt jg udah dibahas dn udah dimentahkan di syuro ya.. ^^

Leave a Reply

