About 5 cm #2

Saya pertama kali baca buku ini waktu saya kelas 3 SMA. Di awal, ada sejenis penolakan dalam diri saya akan buku ini (yang udah baca pasti tau deh karena apa -_-), tapi kemudian saya memilih untuk bertahan karena saya semakin yakin bahwa hikmah dapat kita temukan dari mana saja, dari siapa saja, termasuk dari lirik lagu, dari kutipan film, serta dari 5 sahabat ‘ancur’ dalam buku ini. Dan di akhir bacaan, saya puas. Saya tak menyesal telah membacanya sampai habis, dan semua ke-ancur-an terlupakan sudah serta berganti dengan jutaan hikmah. Tak lama setelah itu saya pun lulus dan diterima di IPB. Dan masa itu adalah masa dimana otak saya masih merekam jelas quote2 bagus dari buku ini, serta belajar mengaplikasikannya dalam hidup yang nyata. Juga seorang saya waktu itu adalah yang pada saat masa pendaftaran kampus diminta isi biodata singkat (dan ini berkali seingat saya, yang beberapa masa kemudian saya baru sadar itu buat apa :P), yang pada poin pertanyaan buku yang pernah dibaca saya selalu tulis 5 cm – dony dhirgantoro sebagai salah satunya. Yap, bisa dibilang ini novel pertama yang jadi favorit saya. *tidak bermaksud lebai😀

Ada yang menarik buat saya dari sang penulis, bahwa pak Dony, pasca novel 5 cm terbit dan booming pun bahkan ia masih memperjuangkan cita-citanya untuk menjadi seorang penulis. Yang memilih berhenti dari pekerjaan settlenya di bank swasta untuk menjadi penulis, dengan buku 2 sebagai hasilnya. Yang katanya tentang keputusan meninggalkan pekerjaannya itu; ini pilihan pekerjaan yang masih harus saya perjuangkan sampai sekarang. Yap, beliau membuktikan apa yang telah ditulisnya di buku ini dengan berani meninggalkan zona nyamannya sebagai pegawai bank swasta menuju cita-citanya yang penuh resiko.

“A life without a risk is a life unlived..” mungkin, sekarang kenyamanan sudah jadi segalanya sehingga tak ada lagi yang mau mengambil risiko untuk mimpi-mimpinya, tak ada lagi yang mau mencari keajaiban-keajaiban dan keindahan sebuah hati..

“You may say i’m a dreamer, but i’m not the only one” (Lennon, Imagine)
“Everyman dies not everyman really lives” (Mel Gibson, Braveheart)
“All my life changing everyday in every possible way” (The Cranberries, Dreams)
“To be or not to be! thats the question”(Shakespeare, Hamlet)
“We are the champion my friend.. and we’ll keep on fighting till the end” (Mercury, Queen)
“Saya tidak akan memakan buah palapa hingga Nusantara bersatu di bawah bendera kejayaan Majapahit” (Mahapatih Gajah Mada, Majapahit)
“Bila sampai waktuku” (Chairil Anwar)
“..I just brought Indonesia.. I fight and work and sacrifice my self for this Indonesian people.. this Fatherlind of mine” (Soekarno)

Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan meninggalkan jejak langkah di hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya.

Juga, bahwa memang hidup kita ini bukan milik diri kita sendiri. Selalu ada hak dan bagian orang lain dalam hidup kita. Maka, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, semoga pula kita dapat membuat orang lain dapat bernafas lebih lega karena keberadaan kita di sana. Semoga hadirnya kita dapat meninggalkan jejak sebaik-baiknya di hati orang lain. Dan semoga setiap cita yang kita rangkai pun dalam rangka demikian. Semoga, ya..

“You are the universe.. you’re the driver, not a passenger in life.. and when you’re ready, you wont have to try cause.. you’re the universe and there ain’t nothin’ you cant do.. if you conceive it, you can achieve it.. thats why i believe in you” (Brand New Heavies)

Selamat hari selasa 1 Januari 2013 anyway.. Semoga berkah senantiasa mengiringi setiap langkah. Merangkai mimpi lagi, yuk🙂

“Sungguh, Tuhanku Mahalembut terhadap apa yang Dia kehendaki.
Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana”. (Nabi Yusuf as)

10 thoughts on “About 5 cm #2

  1. “karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, semoga pula kita dapat membuat orang lain dapat bernafas lebih lega karena keberadaan kita di sana.”

    this is so beautiful. :’>

  2. Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan, dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan meninggalkan jejak langkah di hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita sebelumnya.

    aiiiiih >.<

Leave a Reply

