Mekanisme Penjagaan Semesta

Jangan jauh-jauh dari lingkaran ini!

Rasanya, kampus memang memiliki kaderisasi yang sangat bagus. Efek tak baiknya, ternyata hal ini melenakan bagi sebagian orang. Lingkungan yang kondusif, liqo, dauroh, kajian, amanah, dan teman-teman yang baik mungkin jadi penjagaan yang amat kuat ketika di kampus. Namun apa kabar diri pada masa pasca kampus? Saat semua hal tadi harus kita tinggalkan, saat ruang dan waktu sudah berbeda; dunia kampus menuju dunia kerja, atau harus pulang ke kampung halaman. Melempemkah kita?

Jangan-jangan, shalih-shalihahnya kita, jilbab lebar kita, gadhul bashar kita, kemampuan tahsin kita, atau azam tak mau pacarannya kita, karena kampus “memaksa” kita untuk seperti itu. Naudzubillah, semoga tidak begitu. Di sinilah bukti kuatnya tarbiyah dzatiyah kita. Bahwa ketahanan di medan memang harus diupayakan. Maka, kawan.. mari upayakan selalu tarbiyah madal hayah .. kokohkan diri dan jiwa dimanapun kita berada, berapapun usia kita, bersama siapapun kita..

Ini bukan tentang lingkungan kita harus seragam, kita harus ada di lingkungan “nyaman” terus, bukan! Berada pada lingkungan yang kondusif maupun tidak, itu sangat tergantung kokohnya diri kita, bagaimana kita bisa imun atau tidak. Justru kekokohan kita baru bisa teruji saat kita berada di lingkungan yang tidak nyaman atau tidak kondusif. Justru yang begitu memungkinkan diri kita untuk berkembang, bukan begitu? Sekali lagi, mari mengokohkan diri.. Menjaga ruhiyah kuat-kuat adalah niscaya, karena itulah senjata kita.. Lalu ketika kita sudah berupaya, insya Allah semesta punya mekanisme penjagaan tersendiri bagi kita.. semesta akan berkonspirasi untuk menjaga kita.. percayalah..🙂 Mohon saya juga diingatkan ya..

*selfreminder*

4 thoughts on “Mekanisme Penjagaan Semesta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s