anyonecancook #2 : Mutton Teriyaki

Saya kadang kasihan sama si daging kambing ini, masyarakat sudah terlanjur menjudge-nya sebagai pemacu hipertensi dan sumber beberapa penyakit. Padahal, sepanjang yang saya pelajari, daging kambing justru memiliki lemak dan kalori yang lebih rendah dari daging lainnya. Dibandingkan daging sapi maupun daging domba, kandungan lemak total, kolesterol, dan lemak jenuh dari daging kambing jauh lebih rendah, meskipun rasanya tetap tidak kalah enaknya. Kandungan protein daging jenis ini pun tidak jauh berbeda dari jenis daging lainnya. Hanya saja, kolesterol tinggi ini memang ada di bagian lemak daging kambing, maka kalau mau sehat, jauhi lemaknya, lalu makan dagingnya. Efek panas biasanya memang akan muncul pasca mengkonsumsi daging jenis ini, hal ini bisa saja terjadi karena kandungan protein yang tinggi pada daging kambing, sehingga metabolisme tubuh meningkat. #cmiiw

Hari ini, kebetulan ada tetangga yang menyembelih kambing lalu membagi-bagikan ke semua tetangga dekat. Ketika diminta mengolah, saya yang emang agak malas masak yang berat-berat ini entah kenapa malah terpikir membuat Kambing Teriyaki, meski sebelumnya belum pernah mencicip kambing yang diolah menjadi teriyaki.. Hehee.. Biasanya beef yang diolah jadi teriyaki, maka hari ini saya tertantang untuk mencoba mengolah daging kambing ini menjadi teriyaki. Sebelumnya, saya mau share tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengolah daging kambing dulu deh..

1. Jika ingin daging cepat empuk, jangan direbus lama-lama, karena itu akan mengurangi nilai gizinya. Ada beberapa cara sih untuk membuat daging empuk, antara lain dengan menggunakan buah nanas, pepaya, jahe, atau jeruk nipis. Nanas atau pepaya bisa dipotong atau diparut lalu direndam bersama daging, namun harus diperhatikan takaran dan waktu perendaman, karena bisa membuat daging menjadi terlalu empuk dan kehilangan kekenyalannya. Jahe dan jeruk nipis juga bisa ditambahkan sebagai salah satu bumbu ataupun perendam. Selain itu, pemotongan daging dengan kecil-kecil dan dipotong sesuai seratnya juga dapat membantu membuat daging menjadi empuk ketika dimakan.

2. Jika ingin menghilangkan atau mengurangi bau prengus dari kambing, bisa dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan tidak mencuci daging kambing sama sekali, jadi sejak awal dipotong, daging harus selalu diupayakan bersih, lalu langsung kita olah. Penambahan rempah-rempah pada saat pengolahan juga bisa mengurangi bau prengus kambing.

And then, mari kita memasaaakk ^^

*****

Kambing Teriyaki

Bahan dan Bumbu :
1. Daging kambing 500 gram, diiris tipis
2. Bawang bombay besar 1 siung, diiris tipis
3. Paprika hijau 1 buah, dipotong-potong
4. Bawang putih 3 siung, dicincang halus
5. Saus teriyaki 4 sdm
6. Saus tiram 2 sdm
7. Gula pasir 2 sdt
8. Jahe parut 1 sdm, diperas dan diambil airnya
9. Kaldu bubuk 1/2 sdt
10. Merica bubuk 1/2 sdt

Cara Mengolah :
1. Daging yang sudah diiris tipis-kecil dicampur dengan saus teriyaki, saus tiram, air jahe parut, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Diaduk rata, lalu disimpan di refrigerator selama 1 jam.
2. Panaskan minyak, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan kecokelatan, lalu tiriskan.
3. Tumis daging dengan sisa minyak sampai kaldunya keluar dan warna daging berubah.
4. Masukkan bawang ke dalam daging, kemudian tambahkan paprika dan gula pasir. Aduk lalu masak sampai matang.
5. Taraaaa.. jadi deh..🙂

Dokumentasi :
*maaf, saya gak pandai menghias makanan, kamera pun seadanya..😀

Daging Kambing Mentah Setelah dibumbui

Daging Kambing Mentah Setelah Dibumbui

kambing teriyaki

Mutton Teriyaki Jadi ^^

3 thoughts on “anyonecancook #2 : Mutton Teriyaki

  1. iya, hb lagi rendah, plus plus hipotensi juga, plus plus segala jenis salmon lagi mampir, heheh..
    makanya kemarin mengundurkan diri dari pengajuan panitia acara tanggal 16 mbak, hehe…
    semoga lancar segalanya ya mbak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s