Bola Salju #ODOJ

Update Grup ODOJ (One Day One Juz) Per 4 Desember Jam 08.20
Grup Ikhwan: 93 grup
Grup Akhwat: 211 grup
Total Grup: 304 grup
Total: 9120 orang ODOJers kurang lebih
AllahuAkbar!

Entah siapa yang punya ide pertama kali untuk membuat Grup ODOJ ini, sungguh ini gerakan yang amat keren. Tilawah satu juz, untuk sebagian orang merupakan hal biasa karena itu adalah target minimal harian mereka. Ada juga yang punya target lebih dari itu, 3 juz/hari misalnya. Tapi gak sedikit juga yang meski punya target 1 juz/hari, mereka harus merangkak-rangkak untuk bisa mencapainya, atau bahkan ada yang per hari baru bisa selembar-dua lembar saja. Setiap orang memang punya kebiasaan yang berbeda terkait aktivitas tilawah ini.

Berbagai aktivitas sehari-hari seringkali menyibukkan kita. Jangankan tilawah, sholat aja seringkali kita masih telat. Dan tilawah, seringkali kita lakukan di sisa waktu, kalau luang. Nah, sepengalaman saya, mindset “tilawah kalau luang” ini nih yang seringkali bikin target gak tercapai. Sebab seringkali waktu luang tak kunjung datang, atau parahnya waktu luang kita pakai untuk hal-hal yang sebenernya tak terlalu bermanfaat. Huks. Maka, tilawah memang seharusnya dilakukan di waktu-waktu yang memang khusus kita alokasikan untuk tilawah. Strateginya bisa beda-beda di masing-masing orang. Sebenernya, kalau tilawah kita sudah lancar, 1 juz itu bisa kita khatamkan dengan waktu gak lebih dari 45 menit. Tapi lagi-lagi kondisi setiap orang beda-beda, jadi ya aplikasinya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Misal, 1 juz itu kan biasanya 10 lembar, maka bisa aja kita buat strateginya setiap habis sholat kita tilawah 2 lembar / 4 halaman, isya kan udah beres tuh.. Apalagi Grup ODOJ ini berbasis smartphone (biasanya via grup whatsapp atau grup BBM) yang punya aplikasi Al-Qur’an digital, so tilawah kini semakin mudah, tak perlu bawa Al-Qur’an kemana-mana, bisa dilakukan dimanapun tanpa ribet, dan kita tetap bisa tilawah meski mati lampu.😀

Tapi urusan tilawah dan target tilawah ini memang kembali lagi ke masing-masing orang. Yang penting ada kemauan sebenernya. Nah, grup ODOJ ini sangat membantu bagi orang-orang yang ingin mengistiqomahkan tilawahnya minimal 1 juz /hari, entah bagi mereka yang memang sudah biasa tilawah 1 juz /hari, atau bagi mereka yang masih sulit untuk mencapai 1 juz /hari. Sebab lingkungan, sadar atau tidak sangat mempengaruhi kita. Sebagaimana kata pepatah yang bilang kalau mau wangi, bergaullah dengan penjual parfum, itu juga berlaku untuk urusan tilawah ini. Kalau gak percaya, masuklah ke Grup ODOJ, maka kita sedikit-banyak akan termotivasi untuk istiqomah tilawah minimal 1 juz /hari. Meski awalnya berat dan dipaksakan, tapi lama-lama pasti terbiasa dan menjadi ringan.

Semoga, upaya kita untuk mengistiqomahkan tilawah 1 juz ini, menjadi saksi di kemudian hari. Who knows, Al-Qur’an kita di yaumil akhir nanti menjadi saksi kalau kita pernah menahan kantuk dan menunda tidur demi menuntaskan target 1 juz /hari sebelum hari berganti. Huhuhuuuu.. Aamiin Ya Rabb. Dan sebagaimana bola salju, semoga gerakan ODOJ yang dimulai dari sedikit orang ini, kelak semakin buaanyakk anggotanya. Yang artinya semakin banyak pengguna smartphone yang mengistiqomahkan diri untuk tilawah minimal 1 juz/hari. Sepengalaman saya dan beberapa teman ODOJers, bergabung di grup ini menjadikan kita mengurangi hal-hal kurang penting yang sebelumnya biasa kita lakukan; kayak facebook-an, twitter-an, ngobrol ngalor-ngidul di wa/bbm, atau browsing hal-hal gak penting. So, semoga dengan semakin banyak orang yang bergabung di ODOJ ini, semakin banyak pula orang yang terhindar dari aktivitas sia-sia, dengan begitu semoga semakin banyak orang yang produktif dan memanfaatkan waktunya dengan baik. Bukankah suatu hal yang sangat berefek besar jika ini menjadi hal yang masif di kemudian hari? Saya yakin begitu. Wallahua’alam bishshawab.

Semoga kita diistiqomahkan ya.. Aamiin.  :)

One thought on “Bola Salju #ODOJ

  1. Reblogged this on heningbanget and commented:
    “Semoga, upaya kita untuk mengistiqomahkan tilawah 1 juz ini, menjadi saksi di kemudian hari. Who knows, Al-Qur’an kita di yaumil akhir nanti menjadi saksi kalau kita pernah menahan kantuk dan menunda tidur demi menuntaskan target 1 juz /hari sebelum hari berganti. Huhuhuuuu.. Aamiin Ya Rabb. Dan sebagaimana bola salju, semoga gerakan ODOJ yang dimulai dari sedikit orang ini, kelak semakin buaanyakk anggotanya. Yang artinya semakin banyak pengguna smartphone yang mengistiqomahkan diri untuk tilawah minimal 1 juz/hari. Sepengalaman saya dan beberapa teman ODOJers, bergabung di grup ini menjadikan kita mengurangi hal-hal kurang penting yang sebelumnya biasa kita lakukan; kayak facebook-an, twitter-an, ngobrol ngalor-ngidul di wa/bbm, atau browsing hal-hal gak penting. So, semoga dengan semakin banyak orang yang bergabung di ODOJ ini, semakin banyak pula orang yang terhindar dari aktivitas sia-sia, dengan begitu semoga semakin banyak orang yang produktif dan memanfaatkan waktunya dengan baik. ” -Tika Novalian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s