Ramuan Sereh, Ampuh Mengusir Batuk Membandel :)

Ceritanya, sejak hampir sebulan yang lalu saya dilanda batuk yang gak sembuh-sembuh. Batuknya batuk kering sih ya, dan dahaknya susah keluar. Jadinya kalo batuk agak bikin sesek di dada dan sakit di tenggorokan, dan nampaknya udah bikin orang yang denger jadi kasihan (atau terganggu?), terutama temen-temen kantor. Hehe. Dokter umum ataupun dokter spesialis THT sebenernya udah didatengin, minum obat batuk Ibu dan Anak (yang biasanya ampuh mengusir batuk) juga udah hampir abis sebotol besar, minum jeruk nipis + kecap si ramuan tradisional yang biasa dianggap ampuh untuk mengusir batuk juga udah, jaga makanan dan minuman juga udah, tapi si batuk kayaknya masih betah aja.

Sampe di weekend kemarin di Sokaraja, secara kebetulan bertemu Pak Sugiyono & Istri. Pak Sugiyono ini rekan bisnisnya Mochi & Bintang, teman suami saya. Kebetulan kami mampir ke rumah Pak Sugiyono ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Dieng. Nah, Pak Sugiyono yang denger saya batuk-batuk ini nampaknya kasihan, dan menyarankan ke suami untuk membuat ramuan sereh, yang menurutnya ampuh diaplikasikan pada anaknya yang dulu sering batuk danΒ  gak sembuh kalau gak ke dokter spesialis, dan alhamdulillah sekarang gak pernah ke dokter spesialis lagi. Gak hanya menyarankan, sebelum pulang ternyata saya dibuatkan ramuan tsb, dan tenggorokan langsung lega karena meminum hangatnya ramuan sereh tsb. Baik banget emang Pak Sugi & Istri. Huhuu.. Jadi terhura.

Sesampainya di rumah, saya segera membuatnya. Berikut resep ramuannya. Gampang kok.πŸ™‚

Bahan:
– Beberapa batang sereh
– Gula batu
– Jeruk nipis
– 3 gelas air

Cara membuatnya:
Rebus 3 gelas air bersama sereh dan sepotong gula batu. Lalu biarkan hingga air kira-kira tinggal setengahnya. Kemudian angkat, tuang ke gelas, dan tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya. Kemudian langsung diminum selagi hangat. Dikonsumsi sehari 2 kali untuk meredakan batuk. Berikut penampakannya.

Wedang Serah

Wedang Serah

Rasanya enak lho, bisa jadi alternatif wedang kalau kedinginan. Dan Alhamdulillah, pasca 2 hari mengkonsumsinya, batuk saya yang membandel ini perlahan reda. Gula batu digunakan karena gula tsb gak menyebabkan batuk, dan untuk memberikan rasa manis, sebab kalau sereh aja bisa berasa agak pahit. Nah, tambahan jeruk nipis membuat rasanya semakin segar. Silakan dicoba.πŸ™‚

8 thoughts on “Ramuan Sereh, Ampuh Mengusir Batuk Membandel :)

    • wawaaaatt.. baru ngeh komen yang ini.. hehe. maap.. sudah sembuh kan? gula pasir nampaknya salah satu yang bikin batuk juga.. btw, sehat-sehat di negeri orang ya, nak..πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s