Memasak Praktis ala Saya

Day 1 #30HariMenulis

Sejak pindah rumah Januari lalu, kehidupan kerumahtanggaan baru betul-betul terasa buat saya. Tinggal berdua aja dengan suami, jauh dari orang tua, di rumah yang semuanya diurus dan dikelola sendiri, ternyata jadi suatu tantangan tersendiri buat saya. Kadang terasa berat sih, tapi lebih sering terasa manis dan serunya kok.🙂

Dengan kondisi kami yang sama-sama kerja, berangkat – pulang bareng, pergi pagi pulang senja, tanpa khadimat pula, banyak hal yang perlu disiasati terutama urusan pekerjaan rumah. So far, semuanya masih kami kerjakan bersama di sela-sela rutinitas dan aktivitas kami, dari mulai nyuci-nyetrika, nyapu-ngepel, bersihin kamar mandi, belanja, masak, cuci piring, sampe bayar listrik. Penyiasatan dan manajemen waktu ini penting biar kami gak gempor di akhir pekan karena urusan pekerjaan rumah, hehe, pun agar di akhir pekan kami bisa melakukan rutinitas dan aktivitas lain tanpa harus mengabaikan pekerjaan rumah tangga. Sejujurnya, ini masih jadi PR besar buat kami, beberapa masih dicari formula yang pas, tapi beberapa udah berjalan lancar karena udah nemu solusinya. Salah satunya dalam hal memasak, yang memang masih saya lakukan setiap harinya. Beberapa tips yang bisa saya share adalah:

1. Belanja dan Tentukan Menu Mingguan

Nentuin menu mingguan jadi salah satu kunci untuk masak praktis & cepet. Untuk wikdei, biasanya saya tentuin menu yang masaknya cepet. misal menu sayuran Senin-Jumat: Sayur Sop, Tumis Kacang Panjang – Tempe bumbu kecap, Sayur lodeh, Tumis Buncis – Bakso bumbu balado, Capcay. Untuk lauknya, kita bisa menyiapkan tempe, tahu, ikan, ayam, dsb yang nantinya akan digoreng / dipanggang / diapain aja yang masaknya cepet. Baru di wiken yang waktu masaknya agak panjang, kita bisa masak menu yang agak spesial, misal tongseng, opor, atau apapun menu favorit kita. Semua bahan yang dibutuhkan dalam seminggu itu bisa dibeli sekaligus di hari minggu. Dan sebaiknya langsung “dieksekusi” di hari itu juga. Eksekusinya gak harus dimasak sekaligus kok, tapi..

2. Cuci & Potong Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Ada beberapa jenis masakan yang gampang, tapi lama persiapannya. Contohnya sop. Bagian yang agak lama biasanya mengupas dan memotong-motong. So, untuk mempersingkat proses memasak di wikdei, di hari minggu kita bisa mengupas, mencuci, dan memotong sayuran sesuai peruntukannya. Khusus untuk sayuran dedaunan seperti bayam, baiknya cuci dan potong akarnya aja. Setelah itu bisa kita simpan di kulkas. Kita bisa menyimpannya di tupperware kecil (untuk penyimpanan di refri) atau plastik (untuk penyimpanan di freezer). Hal ini berlaku juga untuk bawang-bawangan yang selalu saya pakai kalo menumis, bisa kita kupas dan iris-iris, lalu taro di kulkas. Contohnya begini:

wpid-IMG_20140426_163719.jpg

3. Ungkep Ayam dan Ikan

Untuk ayam dan ikan yang nantinya akan kita goreng atau panggang, kita bisa mengungkepnya di awal, lalu disimpan di tupperware. Penyimpanan bisa kita lakukan di chiller atau refri. Sesuai kondisi aja. Untuk bahan hewani lain seperti hati ayam/sapi, daging sapi, cumi, udang, dsb, jangan lupa dicuci sebelum masuk ke freezer. Biasanya sih saya potong-potong dulu baru saya masukin ke plastik dan saya simpan di freezer.

4. Buat Bumbu Setengah Matang

Bagian yang lama dalam proses memasak yang lain adalah membuat bumbu. Hal ini juga bisa kita siasati lho. Based on menu yang udah kita buat, kita bisa siapkan masing-masing bumbunya. Biasanya, karena saya dan suami penyuka bumbu sambel, saya akan buat bumbu balado atau sambel goreng di awal minggu. Bahannya cuma cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam, & gula yang diulek, lalu saya tumis sebentar. Setelah jadi, bisa kita taro di botol bekas selai atau plastik. Bumbu ini bisa kita pake untuk berbagai masakan, kayak sambel goreng, nasi goreng, telur balado, dll. Selain bumbu sambel, biasanya saya juga menyimpan bawang merah dan putih yang sudah diblender, ini bisa kita pake untuk masakan apapun. Contohnya begini nih:

IMG_20140426_163930

*****

Nah, dengan beberapa langkah di atas, alhamdulillah biasanya proses masak saya tiap hari gak lama-lama tuh, palingan setengah jam. Dan waktu pun bisa kita gunakan untuk aktivitas yang lain. Yeay!😀

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat yaa..🙂

4 thoughts on “Memasak Praktis ala Saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s